• 20 April 2024

Cara Memastikan Ular yang Sehat

Dia (ular piton) pemalu malah. Jadi cocok untuk yang masih awal-awal coba pelihara.

JAKARTA – Di masa pandemi COVID-19, banyak sekali hewan yang dipelihara oleh masyarakat.

Bahkan, tak sedikit yang memilih binatang peliharaan ekstrim nan eksotis seperti ular.

Ular sekilas memang terlihat menyeramkan, namun warna kulitnya yang cantik dan beragam membuat para pecinta reptil tertarik untuk memeliharanya.

Baca juga: Terpana Keindahan Ular Cincin Emas

Bila Sahabat Tani termasuk salah satu yang tertarik ingin mencoba pelihara ular, ada beberapa tips yang bisa sahabat tani pastikan sebelum memelihara ular yang akan dibeli dari tangan orang lain.

Menurut Budi, salah satu peternak ular pemilik dari R3s Reptile, Sahabat Tani perlu memastikan, jika ular yang akan dipelihara merupakan ular yang cukup sehat.

Hal ini bisa diidentifikasi dari ciri-ciri fisiknya.

Yang pertama, cek di bagian pangkal ekornya ini, diraba apakah ada sembelit atau tidak,” kata Budi saat ditemui Jagadtani.id baru-baru ini di deretan Pasar Burung Barito, Jalan Barito I, RT. 02/RW. 01, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Budi yang telah memelihara ular sejak 2015, menyarankan untuk memilih ular jenis piton bagi pemula yang ingin coba memelihara. 

Menurutnya ular piton memiliki sifat yang cukup ramah bagi pemula dan tidak berbahaya seperti ular kobra.

Dia (ular piton) pemalu malah. Jadi cocok untuk yang masih awal-awal coba pelihara. Kemudian untuk memastikan sehat atau tidaknya, bisa dicek dari bentuk tulang si ular. Pastikan, bahwa tidak ada yang bengkok dari bentuk tubuhnya, diraba saja,” ujar pria berusia 35 tahun itu.

Baca juga: Panana, Si Ular Berkaki Empat

Sambil meraba bentuk badan ular piton yang ia pegang, Budi juga membuka bagian rongga mulut ular piton dan menunjukan bagian dalam mulutnya.

Kemudian, kita lihat apakah bagian mulutnya berbuih atau tidak. Kalau ular yang sehat, mulutnya kering, tidak berbuih,” jelas Budi.

Sambil tetap membuka mulut ular piton, Budi juga menjelaskan, ciri ular yang sehat secara fisik bisa dilihat dari warna gusi sang ular.

Yang sehat itu tidak ada merah-merahnya. Cek, apakah gusinya berwarna merah atau tidak? Apakah sariawan atau tidak?” tutupnya.

Related News