• 4 April 2020

Si Cantik Manis, Juwet Putih

uploads/news/2019/09/si-cantik-manis-juwet-4420130b7ab6f20.jpg
SHARE SOSMED

Rasanya yang manis dan bentuknya yang cantik membuat buah ini jadi favorit banyak orang. Tapi sayang, kehadirannya sudah langka.

 

YOGYAKARTA - Jika sahabat tani berminat untuk menambah koleksi dan memerlukan tanaman buah yang perawatannya mudah, buah duwet putih lah jawabannya! Buah yang unik dan termasuk ke dalam buah hampir langka ini, termasuk ke dalam keluarga juwet hitam. Rasanya yang lebih enak dari juwet hitam, membuat juwet putih digemari oleh banyak orang.

Salah satu yang membudidayakan buah ini yaitu Agrowisata Kebun Buah Langka Sedayu, di dusun Sindul Kidul, kecamatan Sedayu, kabupaten Bantul, Yogyakarta, yang menjual bibit sekaligus masih menanam tanaman unik ini. Kebun buah ini tak hanya menanam juwet putih saja, tapi juga menanam berbagai tanaman langka nan unik lainnya yang berasal dari seluruh indonesia maupun impor dari mancanegara.

Seperti jambu Jamaika, lemon California, kacang Amazon, dan masih ada sekitar 297 jenis buah lainnya. Untuk menanam tanaman Juwet Putih, tidak memerlukan perhatian yang ekstra. Tanaman ini dapat ditanam di media apa saja seperti di dalam polybag atau tambulapot. Polybag merupakan plastik dengan bentuk segi empat dan memiliki lubang-lubang pada bagian dasarnya. Biasanya, polybag digunakan sebagai tempat menanam tanaman hias.

Sedangkan tambulapot yaitu cara menanam pohon atau tumbuhan dengan media pot. Untuk pupuk yang digunakan juga sama dengan tanaman lainnya. Nah, untuk menanam juwet putih, hal yang perlu disiapkan yaitu pot atau polybag yang sudah diisi tanah dan pupuk. Setelah itu, masukkan bibit buah juwet putih ke dalamnya. Lalu, tutup dengan tanah ang sudah dicampuri dengan pupuk dan sirami setiap hari seperti tanaman pada umumnya.

Jika tanaman mulai berbunga, menurut Farida, koordinator di Taman Buah Langka Sedayu, menyarankan untuk menutup bunganya menggunakan kain supaya lalat buah yang merupakan hama tidak merusak bunga yang akan tumbuh.

“Jika sudah berbunga, baiknya bunganya ditutup dengan kain supaya lalat tidak hinggap dan merusak unga, sehingga mengakibatkan buahnya tidak jadi,” kata Farida.

Juwet putih sendiri memiliki ciri-ciri buah dengan warna putih pucat, berbentuk lonjong, berdiameter hanya 2-3 cm, dan berat mencapai 8-10 gram per biji. Rasa buah juwet ini juga lebih manis bila dibandingkan dengan saudaranya, juwet hitam, dan tidak terasa rasa kesat dibandingkan yang ditemui di juwet hitam. 

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App