• 26 April 2024

Kisah Penyu Raksasa di Raja Ampat

uploads/news/2021/01/kisah-penyu-raksasa-di-399857c92a367c2.jpg

Tujuannya agar tukik benar-benar kuat sehingga saat melepaskan ke laut dapat terhindar dari serangan predator di laut.”

JAKARTA - Sahabat Tani pasti tak asing lagi dengan penyu.

Reptil yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut ini, tergabung dalam ordo Testudines yang mencakup penyu, kura-kura, dan bulus.

Penyu belimbing (Dermochelys coriacea) yang umumnya memiliki panjang mencapai 2 meter dan berat 680 kilogram merupakan hewan terbesar dalam ordo Testudines saat ini.

Baca juga: Membuat Habitat Buatan untuk Kura-kura

Masyarakat Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mencatat ada enam induk penyu belimbing atau penyu raksasa penjelajah dunia mendarat dan bertelur di daerah tersebut sepanjang 2020.

Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki, Yusuf Mayor mengatakan, enam penyu belimbing tersebut mendarat dan bertelur di Pantai Warebar Kampung Yenbekaki berkisar Maret-Juli 2020.

Dia mengatakan, Pantai Warebar Kampung Yenbekaki Raja Ampat sejak dulu merupakan salah satu tempat penyu belimbing dewasa naik pada masa bertelur untuk meletakkan telurnya.

Selama masa bertelur, kata Yusuf, masyarakat Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki menjaga kawasan Pantai Warebar agar sarang penyu langka itu terhindar dari predator yang mengincar telur penyu.

Terutama, hewan peliharaan seperti anjing, dan juga hewan liar di alam seperti ular, babi hutan, dan biawak yang senang memburu telur penyu," ujarnya seperti dilansir ANTARA belum lama ini.

Baca juga: KKP Lepasliarkan 50 Ekor Penyu

Setelah telur penyu menetas, kelompok penggiat konservasi penyu Yenbekaki langsung melakukan penangkaran terhadap tukik tersebut selama beberapa hari, kemudian melepaskannya ke laut.

Tujuannya agar tukik benar-benar kuat sehingga saat melepaskan ke laut dapat terhindar dari serangan predator di laut," kata dia.

Ia menambahkan, pada periode 2020, ada sekitar 200 tukik penyu belimbing yang dilepaskan oleh masyarakat penggiat konservasi penyu Yenbekaki ke laut.

 

Related News