• 26 April 2024

Sehatkan Usus dengan Konsumsi Alpukat

uploads/news/2021/01/sehatkan-usus-dengan-konsumsi-68711815351bfb4.jpg

Makan alpukat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi konsentrasi kolesterol darah.

JAKARTA - Studi Journal of Nutrition edisi Agustus 2020 berhasil menemukan, mengkonsumsi alpukat setiap hari dapat secara drastis meningkatkan kesehatan usus seseorang secara keseluruhan.

Makan alpukat membantu Anda merasa kenyang dan mengurangi konsentrasi kolesterol darah. Tapi, kami tidak tahu, bagaimana hal itu mempengaruhi mikroba usus dan metabolit yang dihasilkan mikroba,” ujar penulis utama studi sekaligus peneliti dari University of Illinois, Sharon Thompson, seperti melansir ANTARA dari Medical News Today, Minggu (3/1).

Baca juga: Kesempatan Emas Budidaya Alpukat

Untuk keperluan studi, para peneliti melibatkan 163 partisipan berusia 25 - 45 tahun.

Mereka pun mengukur efek konsumsi alpukat secara rutin pada setiap individu yang memiliki kelebihan berat badan, tapi tidak mengalami penyakit apapun.

Setelah itu, para peneliti membagi peserta penelitian menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diberi alpukat selama 12 minggu.

Setiap peserta mendapatkan makanan pengganti saat sarapan, makan siang atau makan malam.

Namun, faktor pentingnya, mereka tetap memakan alpukat di setiap satu kali makan.

Sementara itu, juga terdapat kelompok yang mengontrol konsumsi makanan tanpa alpukat.

Hasil studi juga menunjukkan, mengkonsumsi alpukat setidaknya satu kali makan per hari menyebabkan munculnya mikroba sehat di perut dan usus.

Mengkonsumsi alpukat juga dapat mengeluarkan lebih banyak lemak di feses para peternak dibanding kelompok yang mengontrol konsumsi makanan.

Ekskresi lemak yang lebih besar berarti para peserta penelitian menyerap lebih sedikit dari makanan yang mereka makan,” ujar asisten profesor di bidang nutrisi dari Departemen Ilmu Pangan dan Nutrisi Manusia, University of Illinois, Hannah Holscher.

Baca juga: Memilih Bibit Alpukat yang Baik

Kami menemukan, jumlah asam empedu dalam tinja lebih rendah dan jumlah lemak dalam tinja lebih tinggi pada kelompok yang diberi alpukat,” sambungnya.

Alpukat sendiri bisa dimasukkan ke dalam hidangan manis atau gurih.

Dengan begitu, banyak cara untuk menikmati alpukat.

Selain alpukat, sayuran seperti brokoli atau polong-polongan, seperti buncis juga sangat bermanfaat untuk kesehatan usus.

Related News