• 25 April 2024

Enam Manfaat Nanas bagi Tubuh

uploads/news/2020/12/enam-manfaat-nanas-bagi-4881536543466d9.jpg

Buah ini mengandung hampir 75% dari nilai mineral mangan harian yang direkomendasikan, yang penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

JAKARTA - Jika Sahabat Tani ingin mencari alternatif buah yang kaya vitamin C, buah nanas bisa menjadi jawabannya.

Ya, selain rasa yang menyegarkan dan manis, nanas juga mengandung banyak vitamin C.

Melansir ANTARA dari Healthy Magazine, menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, Amerika Serikat, vitamin C merupakan antioksidan utama yang larut dalam air, yang mampu melawan kerusakan sel.

Baca juga: Sepuluh Khasiat Kemanisan Kelengkeng

Selain itu, vitamin C juga diyakini ampuh dalam membantu melawan masalah penyakit seperti sakit jantung dan nyeri sendi, serta berbagai manfaat lainnya, seperti:

Kekuatan tulang

Nanas dapat membantu Sahabat Tani untuk tetap berdiri tegak dan kuat.

Menurut Linus Pauling Institute, buah ini mengandung hampir 75% dari nilai mineral mangan harian yang direkomendasikan, yang penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

Studi di 1994 menyebut, mangan bersama mineral lainnya, dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita pascamenopause

Mengurangi gumpalan darah

Nanas juga dapat mengurangi koagulasi darah yang berlebihan karena tingkat bromelainnya.

Hal ini pun membuat nanas menjadi cemilan yang baik untuk Sahabat Tani yang sering bepergian dengan pesawat dan yang berisiko mengalami pembekuan darah.

Pencernaan

Seperti kebanyakan buah dan sayuran lain, nanas juga mengandung serat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan Sahabat Tani.

Menurut Mayo Clinic, nanas juga dapat menjaga kesehatan usus Sahabat Tani.

Namun menurut American Cancer Society, tidak seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, nanas mengandung banyak bromelain, enzim yang dapat memecah protein, yang memungkinkan membantu pencernaan.

Anti Inflamasi

Karena bromelain tersebut, nanas pun dapat membantu mengurangi peradangan yang parah dan mengurangi pertumbuhan tumor.

Berbagai penelitian juga menunjukkan, bromelain juga dapat membantu dalam mengobati osteoarthritis, meskipun diperlukan lebih banyak penelitian.

Menurut Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, peradangan yang berlebihan sering dikaitkan dengan kanker.

Karena itu, bromelin dan enzim proteolitik lainnya telah terbukti meningkatkan tingkat kelangsungan hidup hewan dengan berbagai tumor.

Namun sayangnya, belum ada bukti klinis yang menunjukkan jika hasil seperti itu juga terjadi pada manusia.

Kesehatan mata

Karena tingginya vitamin C dan antioksidan yang dikandungnya, nanas juga dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula, penyakit yang mempengaruhi mata seiring bertambahnya usia.

Baca juga: Melihat Keajaiban Daun Kelor

Peradangan pilek dan sinus

Menurut University of Maryland Medical Center, selain memiliki banyak vitamin C, bromelain pada nanas juga dapat membantu mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung.

Jadi, jika pilek membuat Sahabat Tani batuk, cobalah konsumsi nanas.

Sahabat Tani yang memiliki alergi, juga dapat mempertimbangkan memasukkan nanas ke dalam makanan secara lebih teratur, untuk mengurangi lendir sinus dalam jangka panjang.

Related News