• 27 April 2024

Janji Wamentan Menjaga Ketahanan Pangan

uploads/news/2020/12/janji-wamentan-menjaga-ketahanan-20159f21038ce5a.jpeg

Seperti apa yang sudah dipesankan Bapak Presiden, tentu masalah ketahanan pangan menjadi salah satu point pembahasan.

JAKARTA - Setelah dilantik sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (23/12) kemarin, Harvick Hasnul Qolbi, menyatakan jika koordinasi dan sinergi antara kementerian dan lembaga negara serta swasta, merupakan hal penting dalam menjaga ketahanan pangan

Karena itu, pembangunan pertanian menurutnya membutuhkan kekuatan, kesesuaian, akurasi data, dan proses mitigasi permasalahan yang presisi, akurat, dan cepat.

Dalam keterangan tertulisnya, kehadiran Harvick di Kementerian Pertanian pun dianggap semakin memperkuat kepemimpinan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Baca juga: Jokowi Genjot Pengerjaan Food Estate

"Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk membantu agar program-program yang sudah ada dapat berjalan. Rekan-rekan jangan menganggap kehadiran saya sebagai beban, " ungkap Harvick setelah bertemu SYL di komplek perumahan menteri, Jl. Widya Chandra, Senayan Jakarta, Kamis (24/12). 

Duet birokrat dan intelektual ini pun diharapkan akan mempercepat akselerasi pembangunan sektor pertanian, yang selama ini menjadi tulang punggung ekonomi nasional. 

Seperti diketahui sebelumnya, Harvick dikenal sebagai intelektual dan Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) dan mengurusi perekonomian masyarakat NU.

Harvick juga pernah menjabat Ketua Presidium Majelis Pengurus Pusat (MPP) Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda dan salah seorang pendiri Koperasi Amanah Sejahtera Bangsa.

Dengan bekal dan pengalamannya, Harvick pun berjanji akan menyokong cita-cita SYL untuk memberikan nilai tambah pada setiap produk pertanian. 

"Tadi saya juga sudah bertemu dengan rekan-rekan Dirjen. InsyaAllah saya akan langsung bekerja, senin besok saya akan mengikuti rapim. Seperti apa yang sudah dipesankan Bapak Presiden, tentu masalah ketahanan pangan menjadi salah satu point pembahasan. Target-target dan program mudah-mudahan dapat berjalan" katanya. 

Baca juga: Jurus Mentan Bantu Petani Sukabumi

Selain Harvick, Sebelumnya Presiden Jokowi juga melantik empat wakil menteri lainnya yaitu, Letjen TNI Muhammad Herindra (Wakil Menteri Pertahanan), Edward Komar Syarif Hiariez (Wakil Menteri Hukum dan HAM), Dante Saksono Harbuwono (Wakil Menteri Kesehatan), Pahala Nugraha Mansury (Wamen BUMN). 

Harvick sendiri mengaku tidak mengetahui sebelumnya, jika dirinya akan diangkat sebagai wakil menteri pertanian. 

"Saya dihubungi H-1, Presiden meminta saya untuk membantu Pak Syahrul. Mohon doanya dari teman-teman masyarakat tani semuanya agar saya bisa bekerja dengan baik," pungkasnya.

 

Related News