• 20 September 2021

Pertanian Vertikal Canggih ala Denmark

SHARE SOSMED

Pertanian vertikal tersebut memiliki berbagai fasilitas canggih dengan sistem robotik, hidroponik, memiliki lebih dari 20.000 light emitting diode (LED), dan perangkat lunak cerdas untuk memproses lebih dari 5.000 data tanaman.

JAKARTA - Di Pasar Kopenhagen yang berada di pinggiran ibu kota Denmark, berdiri bangunan 14 lantai seluas 7.000 meter persegi.

Di dalam bangunan tersebut, terdapat pertanian vertikal yang digadang-gadang merupakan yang terbesar dan paling efisien di Eropa milik perusahaan rintisan asal Denmark, Nordic Harvest.

Baca juga: Serunya Bercocok Tanam Kangkung Hidroponik

Pertanian vertikal tersebut memiliki berbagai fasilitas canggih dengan sistem robotik, hidroponik, memiliki lebih dari 20.000 light emitting diode (LED), dan perangkat lunak cerdas untuk memproses lebih dari 5.000 data tanaman.

Semua itu terintegrasi dengan desain pengemasan yang dibuat oleh perusahaan teknologi asal Taiwan, YesHealth Group.

Nordic Harvest dan YesHealth Group mulai bekerja sama dengan membangun pertanian pada April tahun ini dan berhasil menyelesaikan konstruksi tahap pertama hanya dalam enam bulan.

Produksinya sendiri akan dimulai pada kuartal pertama 2021, dengan keuntungan yang diproyeksikan terjadi dalam tahun pertama.

Hal ini pun menjadikan proyek pertanian vertikal menjadi panutan bagi industri agrikultur di Eropa.

Menurut Ketua YesHealth Group, Tsai Wen-Chin, proyeksi keuangan nantinya akan berdasarkan pada model peningkatan skala produksi, yang akan bergantung pada perkembangan kapasitas pertanian vertikal.

Selain itu, ia menargetkan kapasitas produksi awal sebesar 200 ton per tahun, menjadi 1.000 ton per tahun selama kuartal keempat 2021.

Dengan menambahkan ke teknologi kami yang telah kami kembangkan sendiri selama dekade terakhir, YesHealth Group sekarang akan dapat memanfaatkan real world data dari Denmark dengan iklim dan lingkungannya yang unik, dan meningkatkan teknologi kami di kecepatan dan efisiensi,” ujar Wen-Chin dilansir dari Businesswire, Rabu (9/12).

Sementara itu, Chief Compliance Officer (CCO) YesHealth Group, Jesper Hansen mengatakan jika bekerja sama dengan Nordic Harvest merupakan langkah penting untuk ekspansi YesHealth Group ke Eropa.

Hal itu menurutnya telah dipetakan dengan cermat hingga beberapa tahun ke depan.

YesHealth Group memiliki teknologi terdepan di industri dan pengetahuan operasional, dan kami memilih lebih banyak mitra regional dengan keahlian pasar lokal seperti Nordic Harvest,” katanya.

Manajer Proyek YesHealth Group, Stella Tsai mengatakan jika timnya membutuhkan waktu selama delapan bulan untuk membangun pertanian vertikal.

Baca juga: Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri

Ini adalah pengalaman berharga yang akan kami bawa ke proyek-proyek masa depan,” sebutnya.

Direktur Pengembangan Bisnis YesHealth Group juga menyatakan, jika proyek pertanian vertikal di Denmark akan menjadi tonggak penting dalam ekspansi internasional mereka.

"Proyek ini merupakan tonggak penting dalam ekspansi internasional kami dan langkah pertama kami untuk membangun lebih banyak pertanian vertikal di seluruh Eropa, Asia, dan wilayah MENA (Middle East and North Africa)," tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App