• 19 April 2024

Inovasi Ternak Ayam di Empang

uploads/news/2020/12/inovasi-ternak-ayam-di-70345f26df7fce1.JPG

Peternakan ayam di atas empang ini berguna agar tidak lagi menghasilkan bau yang biasanya ditimbulkan oleh kandang-kandang ayam pada umumnya.”

JAKARTA - Memelihara ayam memang diakui perlu adanya ketelatenan dan juga kesabaran yang cukup penting.

Perlu perhatian khusus pada ayam yang diternak seperti memberikan makan tepat waktu, memberikan vaksinasi, dan yang terpenting menjaga kandang agar tetap bersih, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit.

Kandang yang kotor dan bau, tak hanya menyebabkan penyakit pada ayam-ayam yang diternak.

Baca juga: Kenali Telur Ayam yang Sehat

Hal ini juga dapat membuat manusia yang tinggal di sekitarnya dapat terjangkit penyakit.

Bau yang menyengat dari kotoran yang menumpuk di kandang, juga dapat mengganggu masyarakat yang menempati daerah peternakan.

Mengatasi masalah tersebut, para peternak ayam mulai memunculkan ide dan inovasi-inovasi terbaru agar masyarakat setempat tidak lagi merasa terganggu.

Seperti yang dilakukan oleh Rizal Anshori, peternak ayam layer yang juga pemilik dari Rayhan Jaya Farm.

Dirinya membangun peternakan ayam yang berlokasi di Jalan Betet 1, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, dengan sistem peternakan ayam di atas empang.

Peternakan ayam di atas empang ini berguna agar tidak lagi menghasilkan bau yang biasanya ditimbulkan oleh kandang-kandang ayam pada umumnya,” kata Rizal Anshori kepada tim Jagadtani.id belum lama ini.

Rizal yang membudidayakan ayam layer sejak 2006 ini mengaku, ia tidak ingin membuat warga yang tinggal di sekitar peternakannya merasa terganggu akibat bau kotoran ayam yang berasal dari peternakannya.

Biasanya, kandang ayam itu bau akibat kotoran ayam yang menumpuk kan, dengan bangun peternakan di atas empang ini, kotoran-kotoran ayam tersebut nantinya bukan lagi mengendap, melainkan jatuh ke kolam kemudian akan di makan ikan lele,” jelas Rizal.

Selain menguntungkan, beternak ayam di atas empang dipilih Rizal karena tidak berbau.

Baca juga: Ayam Merawang, Si Jagoan Petelur

Ia juga mengaku, senang lingkungan lebih terjaga kebersihannya dan bebas dari lalat.

Kotoran-kotoran yang jatuh nantinya akan dimakan oleh ikan-ikan lele yang ia pelihara di dalam empang.

Rizal juga mengatakan, nantinya ikan lele yang sudah besar  juga akan dilelang pada lomba pemancingan dengan harga yang tak sedikit.

Kalau mau coba ternak di atas empang, saran saya pilih lokasi yang dekat dengan sawah, seperti punya saya ini. Kemudian, kalau memang tetap memilih ternak ayam di darat seperti kandang ayam pada umumnya, lebih baik hindari beternak di sekitar pemukiman karena nantinya akan mengganggu kenyamanan warga,” tutupnya.

Related News