• 28 September 2021

Tingkatkan Imunitas dengan Ratu Buah

uploads/news/2020/12/tingkatkan-imunitas-dengan-ratu-860212aecdaffb4.jpg
SHARE SOSMED

Salah satu senyawa antioksidan yang unik dalam manggis adalah xanthones. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi, antikanker, anti penuaan, dan antidiabetik.”

JAKARTA - Sahabat Tani pastinya sudah tidak asing dengan buah lokal bernama manggis.

Buah lokal yang dijuluki Ratu Buah ini, mengandung beberapa nutrisi dengan kemampuan sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin C dan folat.

Baca juga: Geliat Ekspor Manggis Sumatera Barat

Selain itu, vitamin dan mineral dalam manggis penting untuk menjaga banyak fungsi tubuh, termasuk produksi DNA, kontraksi otot, penyembuhan luka, kekebalan, dan pensinyalan saraf,” ujar Martias, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu), Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan).

Kandungan yang paling menonjol dalam buah manggis yaitu, antioksidan yang unik.

Salah satu senyawa antioksidan yang unik dalam manggis adalah xanthones. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi, antikanker, anti penuaan, dan antidiabetik,” ujarnya.

Menurut Martias, Balitbu telah menghasilkan varietas teknologi unggulan manggis seperti Ratu Kamang.

Manggis ini memiliki ciri khas yaitu bentuk buah agak lonjong seperti jantung, ukuran stigma lobe kecil, tangkai buah panjang, kelopak buah lebih tebal, rasa manis (TSS > 15-20 ?Brix), porsi yang dapat dikonsumsi lebih tinggi (> 30%), kulit buah mulus dan bebas hama burik, mengkilat dan menarik serta getah kuning relatif sedikit (0-10%),” jelasnya.

Menurut Martias, varietas ini berasal dari Desa Pintu Koto Kamang Hilir, Kecamatan Magek, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, yang terletak pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

Baca juga: Kementan Dorong Ekspor Manggis Purwakarta

Sifat-sifat tersebut membuat manggis ini sangat disukai oleh konsumen dan mendapat peringkat grade A untuk pasar ekspor,” ujarnya.

Manggis Ratu Kamang, lanjutnya, dapat dikembangkan pada daerah-daerah yang sesuai untuk pengembangan manggis pada umumnya, terutama untuk daratan tinggi pada ketinggian 700 sampai 800 mdpl.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App