• 29 September 2021

Cara Sukses Merawat Manfish

SHARE SOSMED

Kenapa saya pilih manfish, karena suka dan unik. Saya suka saja kalau lihat manfish berenang, bernangnya santai, warnanya bagus.”

BOGOR - Sahabat Tani yang hobi memelihara ikan hias pasti sudah tidak asing dengan manfish atau ikan bidadari (angelfish) atau biasa disebut ikan layang-layang.

Ikan yang tergolong ke dalam famili Cichlidea ini banyak diburu para pehobi, karena keindahan warnanya yang mampu menghilangkan stres.

Baca juga: Bertemu Molly, Si Ikan Balon

Di samping itu, manfish juga mempunyai bentuk tubuh yang unik.

Bagi para penggemar ikan hias, harus mengetahui trik dan cara merawat manfish, agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat.

Fadli Rizal, peternak manfish skala besar asal Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, memberikan tips untuk Sahabat Tani.

Cara breeding-nya gampang, indukan kita pilih, terus nanti kita pasang-pasangkan di akuarium. Satu kotak, satu pasang, sampai dia bertelur. Nanti kalau sudah bisa berenang sendiri, kita sedot anaknya,” ujar Fadli kepada Jagadtani.id belum lama ini.

Menurutnya, memelihara manfish tidak berbeda jauh dengan memelihara ikan hias lainnya.

Tempat hidup, makanan, dan cara merawat ikan merupakan hal pokok yang harus diperhatikan dalam memelihara manfish.

Untuk makanannya, pertama saya beri artemia, kutu air, cacing. Nanti kalau sudah di kolam, baru bisa dikasih pelet. Kenapa saya pilih manfish, karena suka dan unik. Saya suka saja kalau lihat manfish berenang, bernangnya santai, warnanya bagus,” jelas pria yang juga bekerja sebagai fotografer tersebut.

Memilih bibit  manfish yang baik dan sehat merupakan salah satu cara merawat manfish yang harus diketahui para penggemar ikan hias.

Menurut Fadli, bibit ikan yang baik dan sehat yaitu, warna ikan cerah dan tidak pucat.

Baca juga: Syarat Merawat Ikan Guppy

Selain itu, gerak ikan juga harus terlihat lincah dan agresif.

Lalu, bibit ikan mempunyai organ lengkap dan tidak cacat, serta mempunyai proporsi tubuh yang seimbang mulai kepala hingga ekornya.

Sekarang penggemar ikan manfish juga bisa melakukan pembibitan sendiri. Yang perlu diketahui kalau ingin melakukan pembibitan sendiri adalah, sifat-sifat dari ikan manfish. Ikan manfish adalah ikan yang menyukai tempat yang gelap dan air yang tenang. Jadi untuk melakukan pembibitan, ikan harus ditempatkan di tempat yang agak gelap dan airnya juga tenang,” tutupnya.

Related News

Jagad Tani - Petaninya Milenial App Download

Free Sign & Download, Android App