• 29 March 2024

Demi Lumbung Pangan 2045

uploads/news/2019/10/demi-lumbung-pangan-2045-971701c8cc58690.jpg

Karena faktor keberagaman dan tingkat produktivitas pertanian, menjadi lumbung pangan dunia pada 2045 menjadi target realistis bagi Indonesia.

JAKARTA - Indonesia kembali merayakan Hari Pangan Sedunia (HPS), pesta pertanian yang identik dengan pemenuhan pangan masyarakat. Momentum ini tidaknya hanya diperingati oleh Indonesia namun juga seluruh anggota PBB. Sejak didirikannya Food and Agriculture Organization (FAO) dalam konferensi 1943, 2 November nanti diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. HPS ke 39 tahun ini pun mengusung tema internasional, “Our Actions are Our Future, Healthy Diets for #ZeroHunger World.”

Dalam keterangan tertulisnya, di Forum Group Discussion (FGD) jelang peringatan HPS, di Jakarta, Selasa (23/10), Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto menyebut, jika berdirinya FAO mengingatkan dunia tentang pentingnya pangan. Terkait pemenuhan pangan, perhatian dunia kini mengarah ke negara ekuator. Ditambah dengan keberagaman dan tingkat produktivitas pertanian, dirinya optimistis ke depan Indonesia bisa menjadi lumbung pangan dunia.

“Puncak acara pada 2 November 2019 nanti dengan menampilkan komoditas utama yaitu kakao dan sagu. Kakao ini kita punya 1,7 juta hektare. Di Sulawesi ada 1 juta hektare. Di Sulawesi Tenggara sendiri ada kurang lebih 260 hektare. Produktivitasnya rata rata masih 0,7 ton per hektar, padahal varietas baru kakao bisa mencapai 2 sampai 2,5 ton per hektar. Ini menjadi tantangan bagaimana mengembangkannya,” ujar Prihasto.

Pria yang akrab dipanggil Anton ini menyebutkan jika HPS kali ini juga menjadi momen kebangkitan sagu. Menurutnya, sagu merupakan komoditas sumber karbohidrat pangan alternatif masa depan. “Sagu menjadi tanaman yang tahan terhadap perubahan iklim. Berbeda dengan tanaman sumber pangan lainnya yang mudah terpengaruh perubahan iklim. Artinya kebutuhan akan pangan utama bisa diperoleh dari komoditas ini,” ujar Anton.

Menurutnya, berdasarkan skenario perubahan iklim dunia, pada 2050-2100 akan ada kenaikan kenaikan suhu 2-3 derajat celcius. Sekedar info, berdasarkan kajian Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) pada 2006 lalu, tiap kenaikan suhu 1 derajat celcius akan menyebabkan penurunan produksi padi hingga 8%. Namun, hal ini sama sekali tidak berpengaruh kepada komoditas sagu.

“Kita perlu perhatikan teknologi pasca panennya karena sagu sangat potensial. Sagu yang ada di Papua, Maluku, Sumatera dan Kalimantan itu luar biasa. Indonesia kaya akan aneka macam panganan sagu. Ini adalah kearifan lokal yang kita miliki dan prospektif,” ujar Anton.

Saat mengunjungi areal lokasi pelaksanaan, Anton juga melihat penggunaan pompa air berbasis android yang mampu dioperasikan dalam ribuan kilometer. Dirinya menyebut, bahwa di sana terdapat teknologi yang mampu membuat kakao panen di luar musimnya. Selain itu juga akan ditampilkan teknologi budidaya kakao kepada kelompok tani mulai dari persiapan tanam, pembibitan dan penanaman, pemeliharaan tanaman, pengendalian hama dan penyakit serta panen dan pasca panen.

“Majukan petani muda melalui teknologi. Di sana saya melihat ada pompa air bisa dinyalakan dengan handphone yang terdapat tombol on off. Saya terkaget-kaget alat tersebut mampu menyalakan pompa air berjarak 2200 km lebih. Ini perlu dikembangkan,” papar Anton.

Hal senada juga dikatakan Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Andalan, Winarno Tohir yang menyebutkan jika penyelenggaran HPS tahun ini sarat manfaat. Di lokasi tersebut akan terdapat gelar teknologi yang menjadi referensi para petani mengembangkan teknologi tepat guna. Selain itu terdapat seminar, temu bisnis, pameran dan aneka lomba yang berguna bagi petani dan masyarakat umum.

“Problem pertanian biasanya terkait ketersediaan benih, pupuk, pengolahan, pasca panen serta pasar. Dengan adanya HPS ini mengingatkan bahwa dulu pertanian dilakukan secara manual, sekarang pakai mekanisasi. Tanam jagung ada teknologinya, sebar pupuk bisa dengan drone. Hadirnya generasi muda, lahan 5 hektare bisa dikerjakan hanya dengan dua orang saja,” papar Winarno.

Anton pun berharap jika di dalam pertemuan ini dapat timbul kesadaran untuk menghasilkan produk yang aman konsumsi. Selain itu, petani tidak lagi bergantung pada pestisida dan memilih budidaya ramah lingkungan. Begitu juga masyarakat yang mampu mengubah pola pikir untuk tidak menyianyiakan makanan dan beralih ke diversifikasi pangan. Menurut Anton, menjadi lumbung pangan dunia bukan hal mustahil, apa lagi Indonesia kaya potensi alam dan karunia diversifikasi pangan.

“Buang mindset bahwa sagu hanya menjadi masakan orang timur. Bicara lumbung pangan dunia, jangan hanya berbicara beras. Ada sagu, ubi, jagung bahkan sukun. Nanti di HPS akan disajikan aneka olahan sagu menjadi berbagai jenis olahan panganan. Dari berbagai segi kesehatan, sagu lebih baik dari nasi,” tutup Anton.

Related News