• 9 Agustus 2020

Target Satu Juta Petani Milenial

uploads/news/2019/10/target-satu-juta-petani-85489e01fa8c8e8.jpg
SHARE SOSMED

Kementerian Pertanian menargetkan penambahan satu juta petani muda untuk memakmurkan Indonesia di masa depan.

CIANJUR – Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi, menargetkan penambahan satu juta petani muda untuk memakmurkan Indonesia di masa depan. Target ini, kata dia, merupakan target utama yang sejalan dengan road map program pembangunan SDM di sektor pertanian.

“Kami di Kementan berharap setiap tahunnya ada satu juta generasi muda yang bergerak di sektor pertanian. Jika ini terlaksana, maka kami yakin, Indonesia ke depan akan makmur,” kata Dedi saat menghadiri Jambore Nasional Petani Milenial di Kawasan Cibodas, Cianjur, Jumat (18/10) lalu.

Lewat keterangan resminya, Dedi menyebut jika sektor pertanian merupakan sektor prioritas dengan jumlah pintu pasar paling banyak di dunia. Apalagi, dunia internasional saat ini semakin membutuhkan pangan sebagai asupan pokok yang harus tersedia setiap hari.

“Karena itulah, iklim ekspor kita harus dibuka seluas luasnya. Makanya, pertanian Indonesia harus didukung dengan SDM unggul supaya mampu berinovasi dan beradaptasi dengan teknologi yang kita siapkan,” ujarnya.

Dedi juga mengatakan, nantinya petani milenial harus mampu merefleksikan semangat kebangkitan dan kejayaan agraris sebagai jalan dan upaya pemerintah dalam menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia.

“Saya berharap petani milenial bisa menularkan semangat bertaninya ke seluruh tanah air. Kalau itu dilakukan, maka Indonesia akan menyalip Brazil dan Amerika sebagai negara maju di bidang pertanuan. Itulah yang harus kita dorong bersama, bagaiman petani milenial itu memiliki semangat,” tuturnya.

Dedi menambahkan, Kementan melalui berbagai perangkat kerja sejak lima tahun terakhir sudah menetapkan mekanisasi teknologi untuk menggenjot produksi. Penerapan ini mulai membuahkan hasil, yaitu ekspor pertanian Indonesia meningkat secara signifikan.

“Bukan hanya itu saja, PDB (Produk Domestik Bruto) pertanian kita juga meningkat, inflasi terkendali dan banyak capaian lain yang dibangun melalui mekanisasi. Karena itu, pemerintah berharap petani Milenial mampu mengimplementasikan keilmuan dan kemampuannya untuk kejayaan pertanian Indonesia,” tutupnya.

Comment

Related News

Jagad Tani App Download

Free Sign & Download, Android App